5 Tips Agar Tetap Produktif Di Masa Pandemi

Loading...

Produktif Di Masa Pandemi - Pandemi COVID-19 memaksa kita harus melakukan banyak hal dari rumah, termasuk bekerja dan juga sekolah. Bagi sebagian orang, tetap produktif di masa pandemi bukanlah hal yang mudah, pasalnya tak semua orang terbiasa bekerja dari rumah. Tak heran jika banyak orang yang merasa kurang fokus ketika bekerja dari rumah.

Nah kali ini admin akan bagikan 5 Tips Agar Tetap Produktif Di Masa Pandemi, yang pastinya akan bermanfaat bagi kamu yang sedang gelisah dan belum menemukan kenyamanan bekerja dari rumah atau biasa disebut work from home ini. Oke, langsung saja kita bagikan tipsnya.

Sumber gambar: Poltekes Kemenkes Makassar
Sumber gambar: Poltekes Kemenkes Makassar


1. Buat tempat kerja atau tempat belajar yang nyaman di rumah

Dengan memiliki tempat yang nyaman, produktivitas kamu akan meningkat. Hindari bekerja di kasur atau di kamar. Kerja diatas kasur akan membuatmu semakin mudah ngantuk. Sebaiknya, kamu bekerja menggunakan meja dan kursi. Lebih baik lagi, jika kamu membuat suasana meja kerjamu seperti suasana meja kerja di kantor. Ini akan menolong kamu untuk lebih fokus dalam menyelesaikan tugas pekerjaanmu.

2. Buat jadwal kerja yang cocok untukmu

Memiliki jadwal kerja yang fleksibel memang menyenagkan, tapi bagi kamu yang memiliki kebiasaan terlalu santuy hal ini bisa jadi masalah, karena kita akan terkesan menggampangkan. Ah nanti aja, dirumah ini, kan santuy. Tau-tau udah malam dan malah nggak jadi kerja. Nah untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa membuat jadwal kerja seperti jadwalmu dikantor. 

Contohnya, jam 8 pagi masuk kantor, bekerja dan kemudian istirahat makan siang di jam 12. Hal ini juga bisa kamu terapkan ketika WFH. Ketika bangun pagi, kamu bisa mandi dan persiapkan diri kamu. Tetaplah disiplin dengan jadwal ini, agar kamu semakin terbiasa dan nyaman bekerja dari rumah. Tapi tetap utamakan kenyamanan mana jadwal yang lebih nyaman untukmu, yang penting konsisten dan lawan rasa malas.

3. Buat to-do-list harian

Agar tidak keteteran, kamu perlu membuat to-do-list atau rencana kerja harian apa saja yang perlu kamu kerjakan. Ini akan membantu kamu agar tidak ada satu pun pekerjaan yang terlewatkan. Meskipun bekerja dari rumah, tentunya deadline-deadline kamu di kantor tidak boleh terlewatkan. Untuk kamu yang sekolah atau kuliah, pastikan juga tugas-tugas kamu tetap terkumpul sesuai deadline. Tetap kontrol dan disiplin dengan target kamu ya.

Baca juga Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Selama Pandemi Covid-19

4. Siapkan Koneksi Internet yang lancar

Bagian ini memang perlu effort lebih, tapi demi meningkatkan produktivitas kamu saat bekerja dan belajar dari rumah kamu perlu menyiapkan koneksi internet yang lancar dan cepat. Ini akan menolong kamu agar bisa conference call dengan lancar, atau melakukan tugas lainnya dengan lebih efisien. Bagi kamu yang sekolah atau kuliah, subsidi kuota dari pemerintah dapat kamu manfaatkan untuk ini. tapi bagi kamu yang tidak mendapatkan subsidi kamu bisa cari referensi jasa ISP yang murah tapi memiliki kecepatan akses internet tinggi.

5. Batasi Penggunaan Sosial Media

Jika sudah memiliki koneksi internet yang lancar, godaan yang paling sering terjadi adalah godaan unuk bermain sosmed. Batasilah penggunaan media sosial agar kamu bisa tetap fokus. Buatlah jadwal penggunaan sosmed hanya di jam istirahat. Ini akan menolong kamu untuk lebih produktif setiap hari. Tapi bagi kamu yang bekerja dari sosial media tentu hal ini akan menyenangkan.

5 Tips di atas bisa kamu terapkan agar kamu bisa tetap produktif di masa pandemi. Tetap semangat dan jaga kesehatan ya, semoga pandemi segera berlalu.





Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Agar Tetap Produktif Di Masa Pandemi"

Posting Komentar

loading...