Beranda · Kesehatan · Kecantikan · Tips · Islami · Gaya Hidup

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Selama Pandemi Covid-19

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Selama Pandemi Covid-19 - Selama Pandemi Covid-19 kita diharuskan menjaga kebersihan dan kesehatan, bukan hanya badan tetapi kebersihan dan kesehatan wajah juga harus kita jaga dan perhatikan. Nah, jika biasanya kita melakukan perawatan di klinik kecantikan atau salon, namun saat pandemi seperti ini kita harus lebih berhati-hati, dan sebisa mungkin tidak keluar rumah akan lebih baik jika kita bisa melakukan perawatan di rumah. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Selama Pandemi Covid-19. 


Tujuh hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat tanpa perawatan rutin di klinik kecantikan menurut Dr Justin Sii dari S Aesthetics Clinic diantaranya adalah

1. Minum Air Putuh yang Cukup

Hidrasi kulit datang dalam dua bentuk:  air yang kita minum dan pelembab topikal yang dioleskan pada kulit. Molekul air yang kita minum secara otomatis mengisi molekul asam hialuronat alami di kulit kita. Proses ini memberikan hidrasi dan nutrisi penting untuk kulit, agar kulit tetap kenyal dan sehat. Namun, hidrasi belaka mungkin tidak memadai terutama pada kulit pada umur lanjut atau rusak akibat sinar matahari. Ini adalah saat yang tepat untuk menghidrasi kulit dengan menggunkan pelembap dan serum asam hialuronat. Oleskan pelembap biasa bahkan saat kamu berada di rumah, terutama jika akan bekerja di ruangan ber-AC sepanjang hari.

2. Membersihkan Kulit Wajah Minimal 2 kali Sehari

Walaupun hanya di rumah dan tidak menggunakan make up tetapi kita tetap wajib untuk membersihkan wajah minimal 2 kali sehari. Pilih pembersih yang cocok untuk jenis kulit. Untuk kulit berminyak atau rawan jerawat, pertimbangkan untuk menggunakan cairan pembersih berbusa. Untuk kulit yang sudah tua, gunakan pembersih yang lebih melembapkan seperti pembersih berbasis krim.

3. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, pembentukan pigmentasi, dan kanker kulit. Bahkan, paparan sinar matahari singkat dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Pilih tabir surya dengan perlindungan UVA dan UVB, dan dengan SPF 30 ke atas. Yang penting diingat adalah, mengenakan masker tidak cukup melindungi kulit dari sinar matahari. Tabir surya berkualitas baik sangat dibutuhkan, jika kamu tidak ingin pigmen kulit yang mengerikan itu muncul ke permukaan. Maka dari itu, walaupun kita #dirumahaja kita tetap harus menggunakan tabir surya untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit wajah kita.

4. Memakai Serum Berkualitas Baik

Serum yang baik dapat berfungsi sebagai sekutu yang kuat untuk rutinitas perawatan kulit dasar dan menargetkan masalah spesifik seperti pigmentasi kulit, keriput, dan pori-pori besar. Beberapa contoh serum kulit yang bermanfaat adalah serum asam hialuronat, serum vitamin C, dan serum peptida. Serum ini juga memberikan manfaat anti-penuaan jangka panjang. Saat ini sudah banyak serum berkualitas bagus di pasaran, jadi kamu dapat memilih produk mana yang cocok untuk kulitmu.

5. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga di rumah dapat menjadi pilihanmu untuk meminimalisir bepergian keluar rumah saat pandemi seperti ini, kamu dapat melakukan latihan 30 menit secara teratur, tiga kali seminggu tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, sehingga membawa lebih banyak nutrisi penting dan hidrasi ke kulit. Berolahraga juga dapat mengurangi hormon stres, merangsang produksi kolagen kulit, meningkatkan keseluruhan otot yang membuat kulit terlihat lebih kencang, dan mengurangi tampilan selulit.

6. Diet Sehat dengan Menjaga Pola Makan di tengah Pandemi

Walaupun #dirumahaja kita harus tetap memperhatikan pola makan dan mengonsusmsi makanan yang bergizi untuk menutrisi kulit agar tetap sehat. Makanan kaya vitamin C dan antioksidan bermanfaat bagi kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas lingkungan dan berfungsi sebagai bahan anti-penuaan pada kulit. Di sisi lain, makanan berlemak dan tinggi gula dapat memengaruhi kualitas kulit. Gula mengikat kolagen dan elastin di kulit melalui glikasi, yang membuat kulit akan menua sebelum waktunya.

7. Tidur yang Cukup

Karena #dirumahaja mungkin kita jadi lebih leluasa melakukan berbagai aktivitas di rumah, namun jangan sampai hal ini membuat kamu terlalu sering begadang, karena banyak dampak buruk yang diakibatkan oleh begadang, maka jika ingin kulit wajah tetap sehat kita harus memperhatikan jam tidur kita dan dianjurkan untuk tidur cukup. Karena pada saat kita tidur malam hari, kulit akan mulai memperbaiki dirinya sendiri. Proses perbaikan kulit ini juga menghasilkan lebih banyak kolagen dan elastin yang membuat kulit lebih awet muda. Selain itu, tidur yang cukup juga membuat hormon stres kita terkendali. Ini secara langsung bermanfaat bagi kulit kita, karena hormon stres biasanya menyebabkan jerawat dan pembentukan pigmentasi. Kurang tidur yang kronis menyebabkan kulit mengering, berkerut dan menua lebih cepat. Hal ini juga bisa menyebabkan lingkaran hitam dan kantung mata, kamu akan terlihat tua dan lelah. Jadi, tidurlah lebih banyak.

Demikian tadi tips yang dapat kamu coba untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Selama Pandemi Covid-19, semoga bermanfaat.




0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Selama Pandemi Covid-19"

Posting Komentar

loading...