19 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

Loading...
Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil - Buah yang dikenal dengan nama oriental persimmon (Inggris) dan shi (Cina) ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebatnya dengan buah apel. Bahkan untuk kandungan zat-zat tertentu, kesemek juaranya. Misalnya saja, kandungan zat serat yang terdapat dalam sebutir buah kesemek ternyata dua kali lebih banyak ketimbang yang ada dalam sebutir apel.

Manfaat Buah kesemek untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak jika dilihat dari kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Kesemek bisa juga dikatakan sebagai buah bedak, Hampir kulit luarnya dilapisi oleh lapisan putih seperti bedak. Jika anda memakannya kesemek memiliki tektur yang renyah, manis dan menyegarkan.

Tanaman kesemek merupakan tanaman tahunan yang memiliki batang pendek dan bengkok dengan banyak cabang. Tanaman ini bisa mencapai tinggi sampai lima meter. Daun-daunnya berwarna hijau kekuningan tersusun dengan selang-seling, bulat memanjang dan bertangkai pendek.

Dilihat dari morfologi bunganya kesemek termasuk bunga sempurna karena memiliki dua kelamin yaitu jantan dan betina. Bunga tumbuh pada ketiak daun berbilang empat.  Secara visual buah kesemek bentuknya tdak jauh berbeda dengan buah apel tetapi buah ini dilapisi oleh zat putih seperti lilin seluruh kulit luarnya.  Apabila sudah matang, buah ini berwarna jungga walau ada sebagian buah kesemek berwarna kuning saat matang . Maka jangan heran kalau ada orang menyebutnya buah kesemek bedak.

Buah Kesemek

Zat yang terkandung dalam buah kesemek

Beberapa kandungan buak kesemek, yaitu :

  • 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa,
  • 0,7% protein, vitamin A dan kalium.
  • Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker
  • Phytochemical lutein, betakaroten dan serat.
  • Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung.
  • Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengeluarkannya dari saluran cerna
  • Zat tanin (dinamai tanin-kaki) terkandung dalam buah kesemek yang muda sehingga menimbulkan rasa sepat. Zat tanin ini akan berkurang seiring dengan masaknya buah.
  • Zat tanin-kaki ini dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi. Sedangkan zat-zat lain yang terkandung dalam buah kesemek dipercaya mampu menjadi obat berbagai penyakit seperti asma, batuk, dan sakit perut.


Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan 

Buah yang cantik dengan balutan bedak ini ternyata banyak manfaatnya. Berikut ini manfaat yang terkandung dalam buah kesemek bagi kesehatan. Ada pun khasiat buah kesemek untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Kesemek mengandung sejumlah vitamin A dan karoten yang besar. Vitamin ini memiliki efek positif yang komprehensif pada organisme manusia, memperkuat otot jantung, penglihatan dan berpartisipasi dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Kesemek yang sarat dengan kandungan vitamin C dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

2. Mencegah kanker
Kesemek mengandung zat yang dikenal sebagai shibuol dan asam betulinic yang menunjukkan sifat anti-kanker. Kesemek mampu mencegah berbagai macam penyakit kanker seperti, jantung, hati, payudara dan berbagai jenis kanker lainnya. Buah kesemek mengandung zat agen yang menolak racun jahat untuk masuk dalam peredaran darah yang bisa menyebabkan kanker. Antioksidan yang ada pada buah ini juga dapat menangkal radikal bebas dan mampu menghilangkannya dari tubuh.

3. Mencegah hipertensi
Kesemek mengandung zat magnesium yang cukup besar, zat ini sangat berguna untuk penderita untuk hipertensi, karena magnesium dapat menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah batu ginjal
Magnesium yang terkandung dalam buah kesemek juga dapat mengurangi kemungkinan batu ginjal

5. Melawan insomnia dan stres
Kehadiran vitamin C dan PP di kesemek ini, membantu kita untuk mengatasi stres, depresi, dan insomnia.

6. Meningkatkan aktivitas otak dan ketahanan fisik
Kesemek mengandung potassium yang dapat meningkatkan aktivitas otak dan membantu meningkatkan ketahanan fisik. Karena tingginya kandungan mineral, kesemek sangat bermanfaat bagi orang-orang terkemuka hidup aktif.

7. Mencegah penyakit tiroid
Karena tingginya kandungan yodium, kesemek bermanfaat dalam pencegahan penyakit kelenjar tiroid.

8. Mencegah dan melawan flu
Dalam pengobatan tradisional, kesemek digunakan untuk mengobati pilek.

9. Menurunkan berat badan
Manfaat buah kesemek untuk diet karena kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sebagai pengganti nasi, serta kadar protein yang tinggi bisa menjadi penyuplai nutrisi seimbang selama diet.

Mengganti nasi dalam diet bukan berarti Anda tidak makan nasi selama diet, tetapi mengurangi porsi nasi dan diganti dengan buah kaya serat dari kesemek. Sebab, kunci sukses dalam program diet adalah mengurangi konsumsi kadar lemak dari makanan dan memperbanyak asupan protein untuk tubuh. Kandungan buah ini bisa menjadi pengganti buah apel jika Anda bosan dengan pilihan buah selama diet.

10. Meratakan perut Anda
Kesemek memiliki sifat menenangkan perut. Dengan demikian, kesemek juga dapat membantu mengatasi sembelit dan perut kembung.

11. Mengobati cegukan
Buah kesemek juga dipercaya dapat mengobati cegukan, karena kandungan mineral yang terdapat didalamnya cukup banyak.

12. Detox sehat
Kesemek sarat dengan antioksidan yang membantu dalam proses detoksifikasi (penting untuk hati yang sehat).

13. Meredakan diabetes
Serat dalam kesemek, yang disebut pektin, membantu mengendalikan nafsu makan. Ini juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

14. Menghilangkan selulit
Dengan mencampur kesemek tumbuk dengan kopi kasar dapat digunakan sebagai scrub untuk melawan selulit. Ulangi perawatan tiga kali seminggu selama sekitar tiga bulan

15. Dapat mencegah Tumor
Kesemek mengandung asam betulinic yang bisa menurunkan perkembangan pembentukan tumor. Tak hanya itu, Buah manis ini juga berperan sebagai zat anti-tumor dimana mampu mencegah tumor yang akan tumbuh dalam tubuh manusia. Jika anda menderita tumor, cobalah untuk mengkonsumsi buah kesemek karena buah kesemek mampu menahan perkembangan tumor pada tubuh anda.

16. Dapat meningkatan sirkulasi darah dalam tubuh
Tembaga yang ada dalam buah kesemek menjadi bagian terpenting untuk pembentukkan sel darah merah. Tembaga mampu mengganti sel darah merah yang lama menjadi baru, jika senyawa tembaga tidak ada, maka tubuh tidak  bisa menyerap nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh yang dapat membentuk HB (Hemoglobin) tambahan.

Manfaat Kesemek untuk Kecantikan

17. Antiaging masker wajah
Kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin E dan antioksidan yang cukup tinggi pada buah kesemek dipercaya bisa memutihkan kulit wajah dan mencegah keriput jika anda konsumsi buah kesemek. Antioksidan pada kesemek berperan sebagai anti radikal bebas seperti paparan UV dan kotoran yang menempel pada kulit wajah.

Kesemek dapat dijadikan masker wajah yang efektif. Ambil daging kesemek, tambahkan kuning telur dan jus lemon campur hingga rata, kemudin aplikasikan pada wajah secara merata. Tunggu beberapa menit lalu bilas wajah dengan air bersih.


Manfaat Kesemek untuk Ibu Hamil

18. Menjaga kehamilan agar tetap sehat
Kesemek sangat kaya akan fosfor, kalsium dan zat besi. Jadi kesemek memiliki manfaat yang besar selama kehamilan, karena buah ini mampu mengkompensasi kekurangan zat besi pada ibu hamil. Fosfor sangat penting untuk tulang bayi dapat merangsang berfungsinya sistem saraf pusat. Kalsium juga penting untuk fungsi sistem kardiovaskular, kesehatan tulang, dan juga mengambil bagian dalam proses pembekuan darah. khasiat buah kesemek untuk ibu hamil bisa didapat untuk mencukupi kebutuhan energy setiap hari, serta membantu meningkatkan kadar darah ketika ibu hamil mengalami anemia. Selain itu, kandungan antioksidan pada buah kesemek juga membantu memberi ketahanan tubuh ibu hamil sehingga terhindar dari penyakit dan serangan virus selama hamil.

Manfaat Kesemek Lainnya

19. Pengusir serangga 
Bau kesemek dapat mengusir serangga seperti kecoa. Kupas dan iris buah kesemek, kemudian simpan dalam sepotong kain dan simpan dimana biasa serangga berada. Cara ini dipercaya cukup ampuh karena bau kesemek yang tidak disukai oleh serangga.

Nah, banyak sekali bukan manfaat si buah kesemek ini? Setelah mengetahui manfaatnya, jangan ragu untuk mengonsumsi kesemek. Namun yang perlu diingat adalah konsumsilah sesuai aturan dan jangan berlebihan, agar manfaat yang Anda peroleh bisa optimal.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "19 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil"

Posting Komentar

loading...