Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Loading...
Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan - Srikaya adalah salah satu jenis buah yang dalam bahasa latin disebut Annona Squamosa, atau buah srikaya dalam sehari-hari juga biasa disebut Buah Nona atau Mona. Buah srikaya atau buah nona ini adalah salah satu jenis tanaman berbuah yang berasal dari daerah tropis, dan jika kita dalam klasifikasi ilmiah maka buah srikaya ini juga merupakan buah yang masuk dalam golongan genus Annona.

Buah srikaya merupakan buah yang memiliki bentuk khas jika dibandingkan dengan buah-buah lain pada umumnya. Rasanya yang manis dan enak untuk dikonsumsi menjadikannya banyak digemari.

Buah Srikaya

Kandungan Pohon Srikaya

Pohon terdiri dari komponen-komponen tumbuhan yang cukup penting, salah satunya adalah kulit kayu dan akar. Kulit kayu dan akar dari pohon srikaya mengandung banyak kandungan yang cukup bermanfaat bagi kehidupan manusia, meskipun sebagian dari kandungan pohon srikaya juga dimiliki dalam kandungan di tanaman-tanaman lainnya. Kandungan akar dan kulit pohon srikaya di antaranya adalah:

Kandungan batang:

  • Alkaloid anonain
  • Flavonida
  • Kamphor
  • Terpene
  • Borneol

Kandungan akar:

  • Saponin
  • Tanin
  • Polifenol
  • Flavonoid
  • Borneol
  • Terpen
  • Alkaloid anonain


Manfaat Akar dan Kulit Pohon Srikaya

Dari kandungan-kandungan akar dan kulit pohon srikaya yang telah disebutkan, maka jelas jika bagian dari pohon srikaya yaitu akar dan kulit pohon srikaya memiliki manfaat yang baik untuk dijadikan sebagai obat herbal dalam kehidupan.

Manfaat Akar:
-Mengatasi sembelit,
-Membantu proses penyembuhan disentri akut,
-Meringankan depresi mental,
-Menurunkan kadar nyeri tulang pada punggung.

Manfaat Kulit Pohon:
-Mengobati diare
-Sebagai obat luar maka dapat digunakan untuk mengobati luka yang berdarah.


Pohon Srikaya


Kandungan Biji dan Daun Srikaya

Kandungan Biji:
Dalam biji buah srikaya terdapat kandungan senyawa poliketida dan senyawa lin yaitu senyawa turunan dari bistetrahidrofuran, asetogenin (skuamostatin C, D, anonain, anonasin A, anonin 1, IV, VI, VIII, IX, XVI, skuamostatin A, bulatasin, bulatasinon, skuamon, ncoanonin B, neo desasetilurarisin, neo retikulasin A, skuamosten A, asmisin, skuamosin, sanonasin, anonastatin, neoanonin). Selain itu juga ditemukan mulai dari skuamosisnin A, skuamosin B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, hingga skuamosisnin N; skuamostatin B, protein, asam amino dan asam lemak. Sedangkan komposisi dari asam lemak yang merupakan sebagai penyusun minyak lemak biji srikaya terdiri dari metil linoleat, metil palmitat dan metil stearat.

Kandungan Daun:
Selain kulit pohon, akar dan biji, daun srikaya juga memiliki kandungan kimia, yaitu kandungan p-hidroksibenzil-6,7-dihidroksi- 1,2,3,4-tetrahidroisokinolin (demetilkoklaurin = higenamin), dan alkaloid tetrahidro isokuinolin.

Manfaat Biji dan Daun Srikaya

Biji buah srikaya dapat digunakan untuk mengatasi:
-Penderita pencernaan lemah
-Cacingan (biasa untuk anak)
-Mematikan kutu kepala dan serangga.

Daun srikaya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi:
-Mengobati Cacingan
-Mengusir kutu kepala
-Menurunkan kadar asam urat dan darah tinggi
-Mengobati diare, disentri
-Mengobati Reumatik
-Mengobati Rectal prolaps yang terjadi pada anak-anak,
-Mengobati batuk atau demam
-Untuk pemakaian luar daun srikaya dapat membantu mengobati : borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema.

Kandungan Buah Srikaya

Setalah di atas kita mengetahui kandungan dan manfaat, baik itu dari akar, kulit pohon, biji, dan daun sriakaya. Sekarang kita masuk pada bagian kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah srikaya. Adapun kandungan yang terdapat dalam buah srikaya, yaitu:

  • Asam amino
  • Gula buah
  • Mucilago
  • Potassium
  • Magnesium
  • Niasin
  • Srikaya yang masih berusia muda mengandung tanin


Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi
Srikaya yang memiliki cukup banyak kandungan niasin sehingga buah srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol bagi penderita kolesterol. Konsumsi rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

2. Sangat baik untuk pencernaan
Buah srikaya mengandung serat yang tinggi, kandungan tersebut menjadikan srikaya baik untuk dikonsumsi bagi para penderita konstipasi karena serat tersebut akan mampu mampu memperlancar pencernaan pada manusia.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes
Selain untuk memperlancar pencernaan, serat yang terdapat dalam srikaya dapat memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh manusia sehingga dapat mencegah kita dari penyakit diabetes.

4. Srikaya sebagai obat diare
Buah srikaya yang masih muda mampu mengobati diare, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah srikaya sangat efektif untuk membantu menyembuhkan diare.

5. Mencegah Asma
Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki buah srikaya tentu ini dapat membuat srikaya menjadi pencegah beberapa penyakit, seperti penyakit asma. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan.

6. Menurunkan Hipertensi
Kandungan potassium yang ada pada srikaya akan berperan menurunkan tekanan darah pada tubuh manusia. Konsumsi dengan rutin buah srikaya ini sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Buah srikaya memiliki kandungan vitamin B sehingga dapat mencegah perkembangan dari homocystein yang mana homocystein dengan jumlah besar dapat menyebabkan stroke dan jantung koroner.

8. Menjaga Kesehatan tulang dan gigi
Buah srikaya juga mengandung magnesium. Sehingga magnesium yang kita dapat dari srikaya mampu membantu dalam menjaga kepadatan tulang.


Manfaat Buah Srikaya Untuk Kecantikan

Kandungan buah srikaya yang sangat baik untuk kesehatan dapat kita ketahui dari kadar vitamin C nya yang tinggi. Vitamin C sendiri selalu menjadi zat yang dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh. Nah, selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk kecantikan tubuh. Manfaat buah srikaya untuk kecantikan tentunya didukung dengan kandungan vitamin C nya ini.

Vitamin C untuk kecantikan tentunya sangat berguna sebagai pencerah warna kulit, sehingga kulit Anda akan terlihat lebih bersih dan bersinar. Selain kandungan vitamin C untuk kesehatan kulit, buah srikaya juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi yang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kesehatan rambut.

Efek Samping Srikaya

Sebegitu banyaknya manfaat buah srikaya bagi kesehatan tubuh, ternyata buah ini juga cukup wajib dihindari bagi orang-orang yang tidak mengetahui cara pemanfaatannya. Tanaman yang memiliki banyak manfaat ini wajib dihindari oleh seorang ibu hamil, terutama pada bagian biji, kulit dan akarnya. Air rebusan biji, kulit dan akar pohon srikaya dapat membuat ibu hamil memiliki risiko sakit pada bagian rahim dan tentu akan mengakibatkan risiko juga pada si janin.

Nah, diantara banyaknya manfaat buah srikaya ini, seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa mengonsumsi air rebusan akar, biji dan kulit pohon srikaya dapat membuat risiko pada ibu hamil dan janinnya.

Pantangan ini hanyalah dikhususkan untuk seorang ibu hamil, karena ditakutkan akan membahayakan kesehatan janinnya. Namun, apabila Anda seorang wanita yang tidak sedang merencanakan kehamilan, janganlah takut untuk mengonsumsi buah srikaya karena buah ini tetap mengandung banyak manfaat buah srikaya yang akan sangat baik bagi kesehatan tubuh, dan tidak lupa juga untuk kecantikan tubuh Anda.

Mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, jika ada informasi yang kurang lengkap Anda dapat menambahkannya lewat kolom komentar di bawah ini.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

loading...