Manfaat Buah Nangka dan Bijinya Bagi Kesehatan

Loading...
Manfaat Buah Nangka dan Bijinya Bagi Kesehatan - Buah nangka adalah buah dengan ukuran yang cukup besar, berwarna hijau dengan duri pada kulit buahnya, dan rasa manis yang menyebar dalam daging buahnya. Buah yang satu ini menjadi buah yang pantas untuk dinikmati karena rasa manisnya yang enak dan juga segar. Banyak orang yang mengolah buah nangka menjadi jus atau juga manisan.

Selain lezat dan enak, buah nangka muda juga menjadi makanan khas Yogyakarta yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan makanan yang dinamakan Gudeg. Buah yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah karena memang cocok untuk ditanam di wilayah tropis seperti Indonesia.

Buah Nangka

Kandungan Buah Nangka

Buah nangka bisa Anda jadikan sumber gizi dan protein untuk tubuh karena buah ini memang memiliki banyak kandungan gizi yang baik. 100 g nangka yang dikonsumsi akan menyediakan 95 kalori. Buah dengan daging yang lembut dan mudah dicerna ini memiliki kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika buah nangka ini dimakan akan langsung mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh dengan segera. Tapi jangan terlalu banyak dalam sekali makan, karena akan menimbulkan gas dalam perut.

Nangka kaya akan serat makanan, yang membuatnya menjadi pencahar yang baik. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kanker usus besar.

Buah nangka segar mengandung sejumlah kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, lutein dan cryptoxanthin-b. Senyawa ini secara bersama-sama memainkan peran penting sebagai antioksidan dan mengoptimalkan penglihatan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga integritas membran lendir dan kulit. Manfaat buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A, dan karotenoid telah ditemukan untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.

Selain itu, nangka merupakan sumber antioksidan vitamin C yang menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga mampu menjadi antioksidan yang mampu melawan sel degenaritif yang memicu terjadinya gejala kanker seperti manfaat lemon dan manfaat apel.

Buah nangka kaya akan kelompok vitamin B-kompleks. Nangka mengandung banyak zat yang baik untuk tubuh, mulai dari vitamin B-6 (pyridoxine), niasin, riboflavin, dan asam folat. Buah nangka juga menjadi sumber kalium, magnesium, mangan, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, seperti yang terdapat pada manfaat pisang.


Manfaat dan Khasiat Nangka Untuk Kesehatan

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat nangka, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Mencegah penyakit kanker
Buah nangka mempunyai kandungan senyawa fitonutrien. Senyawa tersebut terdiri dari saponin, lignin, dan juga isoplafon yang sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Buah ini juga akan menjaga tubuh Anda dari faktor-faktor penyebab munculnya penyakit kanker yang berbahaya bagi tubuh.

2. Mencegah penyakit anemia
Anemia adalah kondisi dimana Anda kekurangan darah merah yang akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lemas dan letih. Senyawa yang baik untuk mencegah anemia adalah zat besi. Buah nangka mengandung cukup banyak senyawa zat besi yang bisa mencegah Anda terserang penyakit anemia. Khasiat nangka sebagai pencegah anemia dapat efektif jika Anda memakannya dengan rutin.

3. Melancarkan sistem pencernaan
Anti ulkus merupakan sifat dari buah nangka yang bisa membuat pencernaan Anda senantiasa lancar dan berfungsi dengan baik. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat yang bisa membantu usus besar Anda mengikat sisa makanan dan membuangnya dari tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini setiap hari, maka sistem pencernaan Anda akan menjadi sehat. Itulah manfaat nangka yang berguna bagi kesehatan pencernaan Anda.

4. Menguatkan dan menyehatkan tulang
Kandungan lainnya yang ada pada buah nangka adalah magnesium. Kandungan inilah yang berkhasiat untuk menguatkan dan menyehatkan tulang. Itulah kenapa buah ini bisa sangat bermanfaat untuk orang yang sudah berumur dan anak-anak, agar tulang mereka senantiasa sehat dan juga kuat. Khasiat nangka dalam menguatkan tulang juga cocok bagi Anda yang melakukan pekerjaan berat.

5. Menyehatkan mata
Vitamin A yang ada pada buah nangka bisa membuat mata Anda sehat. Fungsinya yaitu mempertajam penglihatan dan juga memperjelas penglihatan Anda. Jika Anda tidak terlalu menyukai sayuran dengan vitamin A, maka buah ini bisa menjadi pilihan sebagai sumber vitamin A dengan rasa yang enak. Selain itu, manfaat nangka dalam menyehatkan mata perlu diberikan juga pada mereka yang sering menggunakan kacamata.

6. Menyehatkan kulit
Kulit yang sehat akan menghindari Anda dari berbagai macam penyakit kulit, contohnya kanker kulit. Vitamin A dan E yang ada pada buah nangka bisa membantu Anda untuk menyehatkan kulit dan mencegah penyakit kulit datang menyerang. Khasiat nangka inilah yang sangat cocok dikonsumsi untuk kaum hawa yang ingin memiliki kulit yang sehat.

7. Menjaga metabolisme tubuh
Kandungan tembaga dalam buah nangka berkhasiat untuk menjaga metabolisme tubuh Anda. Ketika metabolisme tubuh Anda seimbang, tentunya tubuh Anda akan menjadi lebih sehat. Metabolisme yang baik akan membuat hormon tubuh Anda juga seimbang dan membantu proses penyerapan makanan dengan lebih cepat. Manfaat nangka ini akan membuat tubuh Anda bugar dan juga segar.

8. Sumber energi tubuh
Fruktosa atau zat gula alami pada nangka adalah jenis gula yang baik untuk tubuh. Karena gula pada buah bisa menjadi sumber energi dan kekuatan tubuh. Selain fruktosa, buah ini juga mengandung zat sukrosa yang sama khasiatnya dengan fruktosa. Sumber energi menjadi khasiat nangka yang penting untuk dicoba.

9. Mencegah penyakit jantung
Khasiat nangka yang selanjutnya berhubungan dengan jantung Anda. Buah ini mengandung banyak kalium. Senyawa inilah yang dijadikan tubuh untuk mencegah penyakit jantung yang berbahaya, seperti serangan jantung yang datang tiba-tiba. Dengan mengonsumsi buah nangka, Anda juga akan senantiasa menjada organ jantung Anda tetap sehat dan berfungsi optimal.

10. Menurunkan tekanan darah
Selain mencegah penyakit jantung, senyawa kalium dalam buah nangka juga bisa mengontrol dan menurunkan tekanan darah Anda. Sehingga manfaat buah ini bisa dijadikan sebagai menu makanan yang sehat bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.


Manfaat Lain Buah Nangka

Selain 10 manfaat dan khasiat buah nangka untuk kesehatan tadi, ada lagi 10 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:
11. Mengatasi asma
12. Memproduksi hormone
13. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
14. Anti penuaan dini
15. Mengontrol kolesterol
16. Menyembuhkan borok
17. Menyehatkan organ usus besar
18. Mencegah kanker rongga mulut
19. Menyehatkan rambut
20. Membuat kulit halus


Manfaat Biji Nangka

Biji Nangka


Nangka merupakan buah yang lezat dan eksotis, tapi mungkin kita biasa membuang bijinya tanpa menyadari jumlah nutrisi dan protein yang dikemas di dalamnya. Biji nangka dapat dikumpulkan dari buah yang matang, kemudian dijemur untuk dimakan. Biji buah nangka yang kemudian kita kenal dengan nama beton ini, nikmat pula dikonsumsi dengan cara direbus. Berikut ini beberapa manfaat yang paling terkenal dari biji nangka, seperti berikut  :

-Tinggi protein: Biji nangka yang tinggi protein dapat mengkonsumsi untuk ditambahkan dalam masakan sebagai menu masakan yang berbeda. Hal ini dapat menggantikan kacang dalam asupan harian yang bervariasi.

-Mengatasi gangguan pencernaan: Biji nangka bubuk dapat membantu sebagai bantuan instan terhadap gangguan pencernaan. Biji nangka kering kemudian digiling untuk mendapatkan bubuk atau membeli bubuk nangka yang tersedia di pasar.

-Menyehatkan Rambut: Biji nangka meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Sirkulasi darah yang lancar, sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang baik. Oleh karena itu nangka dapat mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

-Mencegah kerusakan rambut: Biji nangka yang tinggi vitamin A, merupakan salah satu vitamin yang paling penting untuk kesehatan rambut karena mencegah rambut kering dan rapuh.

-Melawan Keriput: Ambil biji nangka dan dicelupkan ke dalam manfaat susu dingin untuk sementara waktu. Giling dengan baik dan terapkan pada keriput dengan lembut. Hal ini diyakini akan bekerja pada bagian yang keriput dalam waktu hanya sekitar empat sampai lima minggu. Lakukan secara teratur untuk hasil terbaik.

-Mendapatkan kulit mulus: Rendam biji nangka kering dengan kombinasi manfaat madu dan susu. Kemudian giling menjadi pasta halus. Sekarang terapkan pasta ini pada wajah secara merata dan biarkan kering sepenuhnya. Setelah beberapa waktu, bilas wajah dengan air bersih.

Selain bagian buah dan bijinya, bagian tanaman nangka yang sangat bermanfaat bagi manusia adalah batangnya yang kuat dan digunakan dalam pembuatan berbagai macam furniture. Kayu nangka tidak mudah lapuk ataupun dimakan rayap, sehingga akan membuat peralatan rumah tangga senantiasa awet.

Banyak sekali bukan manfaat yang dapat diambil dari tanaman nangka ini? Dengan mengonsumsi buah nangka secara rutin dan sesuai takaran Anda dapat memperoleh manfaat yang optimal dari buah ini, tapi ingat jangan langsung membuang bijinya karena bijinya juga memiliki manfaat.

Mungkin itu saja informasi seputar buah nangka yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Nangka dan Bijinya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

loading...