Manfaat Apel Untuk Diet, Kesehatan dan Kecantikan

Loading...
Manfaat Apel Untuk Diet, Kesehatan dan Kecantikan - Manfaat apel memang sangat banyak, siapa yang tidak tahu buah apel? buah yang tersohor ini dapat membantu menjaga kesehatan dan bahkan untuk mencegah penyakit, tentu juga ampuh untuk diet. Siapa yang tidak suka apel? Buah cantik ini banyak dikonsumsi untuk membantu diet. Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari sebuah apel, mari kita bahas satu per satu.


Manfaat Apel Untuk Diet

Manfaat apel untuk diet merupakan salah satu yang paling terkenal di jagad raya, termasuk di seluruh Indonesia. Bagaimana apel dapat membantu diet harian anda agar sukses? Cara kerja apel untuk diet hampir sama dengan manfaat beras merah yaitu dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah ini membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita.

Lalu apa hubungannya? ini akan sangat membantu agar asupan makanan/nafsu makan makanan berkalori tinggi dapat kita minimalisir. Ketika lambung telah terdapat glukosa, lambung merasakan lapar dan memerintahkan otak untuk mencari makanan.

Setelah makan, rasa lapar otomatis akan hilang, dan disinilah peran serat apel untuk lebih lama bertahan dilambung dan membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung sehingga anda tidak akan sering merasa lapar. Apel juga tidak memiliki kandungan lemak dan kaya serat, jadi aman untuk diet dan aman untuk usus.


Manfaat Apel Untuk Kesehatan

Tidak perlu diragukan lagi, manfaat apel untuk kesehatan juga tentunya sangat luar biasa dan melebihi yang kita perkirakan. Apel memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, nah ini adalah beberapa manfaat apel yang menakjubkan untuk tubuh manusia.

1. Membantu kerja usus halus
Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.

2. Mengurangi resiko gangguan pernapasan
Sebuah studi baru-baru ini  menunjukkan  bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Selain itu wanita hamil yang dengan rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pada pernafasan  anak dalam kandungannya.

3. Menyehatkan rongga mulut dan gigi
Ternyata apel juga memiliki fungsi loh untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

4. Memberikan perlindungan pada tulang
Kandunga flavonoid (phloridzin) merupakan manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.

5. Mengkontrol gula darah
Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.

6. Mencegah dan Mengobati Kanker
Manfaat buah apel ini terdapat pada senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.

Selain itu, apel memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.

7. Kesehatan Otak
Buah Apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegak stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.

8. Mencegah Parkinson
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya mendapatkan manfaat dalam perlindungan terhadap penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

9. Menurunkan Kolesterol
Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi sebaikanya beralih pada buah apel. Serat larut ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

10. Baik untuk pencernaan
Apel merupakan buah yang kaya akan serat dan berbagai vitamin dan mineral yang mudah di cerna oleh tubuh, untuk itu, apel adalah salah satu jenis buah yang sangat sehat untuk pencernaan.

11. Menyehatkan Jantung
Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.

12. Mencegah batu empedu
Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya adalah sangat memungkinkan anda akan obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi sangat baik untuk kesehatan.

13. Mengatasi Diare dan Sembelit
Apakah Anda tidak bisa pergi ke kamar mandi (sulit bab) atau tidak bisa berhenti (diare) ? Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi kedua masalah ini walaupun masing masing bertolak belakang. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.

14. Detoksifikasi Hati
Detoksifikasi adalah salah satu fungsi untuk mengeluarkan racun dari hati. Setiap hari di zaman yang semakin maju kita tidak akan pernah terlepas dari konsumsi bahan mengandung ‘racun’ apakah itu dari minuman atau makanan. Fungsi hati bertanggung jawab untuk membersihkan racun ini dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh.

15. Mencegah katarak
Untuk manfaat apel yang satu ini, meskipun penelitian sebelumnya belum terlalu meyakinkan mengenai manfaat apel untuk katarak. Namun studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki pola makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan katarak.

16. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.

17. Mencegah wasir
Wasir merupakan terjadinya urat bengkak di area anal walau tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ saat pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.

Manfaat apel untuk kesehatan tubuh dan diet merupakan salah satu yang paling populer diantara buah-buahan lainnya. Sakin populernya bahan apel juga dijadikan cuka, produk ini laris manis karena manfaat cuka apel juga sangat ampuh untuk hipertensi dan penyakit genting lainnya.

Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan Wajah

Selain sangat baik untuk menurunkan berat badan. Buah yang kaya akan khasiat untuk kesehatan ini juga bisa di manfaatkan sebagai masker wajah untuk menjaga atau merawat kesehatan kulit wajah. Tak hanya menjaga kesehatannya saja, namun juga menjadikan kulit wajah tampak lebih cerah, lembut, dan cantik alami.

Kandungan glycolic acid yang terkandung dalam buah apel ini dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan indah. Selain itu, kandungan Vitamin A, B, C serta kandungan Antioksidan yang terkandung dalam buah apel ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari keruskan atau bakteri dan virus yang dapat menyerang sel kulit.
Berikut ini adalah manfaat apel untuk kecantikan wajah :

18. Mencerahkan Kulit Wajah
Kandungan Asam hydroxyl yang terkandung dalam buah apel ini berfungsi untuk membantu mengelupas kulit yang tua dan  mempercepat proses perkembangan regenerasi sel kulit, sehingga kulit wajah akan tampak lebih halus, cerah, dan cantik.

19. Membersihkan Pori-Pori Kulit
Untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari munculnya jerawat, komdeo dan lainnya tentunya pori-pori kulit wajah harus dalam keadaan bersih. Untuk itu, lakukanlah perawatan kulit wajah dengan memanfaatkan buah apel ini sebagai masker wajah alami.

20. Melembabkan Kulit Wajah
Agar terhindar dari kulit kering dan menjadikan kulit lebih kenyal dan lembab alami, cobalah untuk melakukan perawatan kulit wajah dengan rutin dengan memanfaatkan buah apel sebagai masker wajah yang di kombinasikan dengan madu.

21. Menghilangkan Kerutan atau Garis-Garis Halus pada Kulit Wajah
Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan buah apel ini sebagai masker wajah, antara lain sebagai berikut. Pertama, siapkan 1 buah apel hijau atau merah, kemudian haluskan menggunakan blender, lalu campurkan dengan putih telur yang telah di kocok. Bersihkanlah terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat agar poro-pori terbuka dan dengan mudah dapat meresap kandungan nutrisi dalam buah apel. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah hingga merata, beri sedikit pijatan kecil, dan biarkan selama kurang lebih 25 menit. Telakhir, bilas wajah dengan air dingin sampai bersih. Lakukanlah cara ini dengan rutin dan teratur minimal 3 kali dalam satu minggu.

22. Mengelupaskan Sel Kulit Mati
Manfaat masker apel yang bisa kita gunakan tanpa zat kimia ini juga bermanfaat untuk menutrisi kulit dan mengelupas sel kulit mati, sehingga kulit wajah akan tampak lebih kenyal, lembut, dan cerah alami. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan buah apel sebagai masker ini adalah. Pertama, haluskan terlebih dahulu buah apel secukupnya menggunakan blender, kemudian campurkan dengan 2 sendok makan madu, dan 2 sendok makan oatmeal, aduk sampai membentuk adonan pasta. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah hingga rata dan biarkan selama 20 menit. Telakhir, bilas wajah dengan air dingin sampai bersih.

23. Menghilangkan Katung Mata
Kantung mata atau mata panda merupakan salah satu masalah mata area kulit mata yang mengganggu pada penampilan kita. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memanfaatkan buah apel ini dengan cara di iris tipis sampai membentuk lingkaran, lalu tempelkan pada area mata, dan biarkan selama 15 menit. Lakukanlah cara ini setiap hari secara teratur.

24. Mengatasi Kulit Kendur, Berminyak dan Berjerawat
Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya adalah. Pertama, campurkan halusan buah apel yang di campurkan dengan sari atau cuka apel yang membentuk seperti adonan pasta. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah hingga merata dan biarkan selama kurang lebih 30 menit sampai meresap kering. Telakhir, bersihkan wajah dengan air dingin sampai bersih.

25. Menghilangkan Noda atau Flek Hitam pada Kulit Wajah
Untuk menghilangkan flek hitam atau noda hitam yang menempel pada kulit wajah. Anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan buah apel sebagai masker wajah alami dengan cara yang telah di jelaskan dalam poin sebelumnya.

26. Mengangkat Kotoran yang Menempel pada Kulit Wajah
Wajah kotor yang terlihat kotor dan kusam yang di sebabkan karena polusi udara yang kotor atau serangan radikal bebas dan di sertai paparan sinar matahari yang berlebihan membuat kulit wajah tampak kusam dan kotor. Dalam hal untuk mencegah masalah ini, anda bisa memanfaatkan bua apel sebagai masker wajah, setelah buah apel di haluskan simpan pada lemari es selama kurang lebih 1 jam lamnaya. Selanjutnya, aplikasikan masker alami ini pada kulit wajah dengan cara yang telah di jelaskan sebelumnya. Lakukanlah cara ini setiap hari sebelum tidur dengan rutin dan teratur agar kulit wajah tetap terjaga kesehatannya.

27. Melindungi Kulit Wajah dari Paparan Sinar Matahari
Kulit wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan menjadikan kulit wajah kering, kusam, bahkan sampai mengalami pengelupasan akibat terbakar sinar UV. Untuk menghindari masalah ini, lakukanlah perawatan kulit wajah saat pagi hari dengan rutin dan teratur agar kulit tetap terjaga kelembutan dan kesehatannya.

28. Mengatasi Kulit yang Terlihat Lelah dan Stress
Manfaat buah apel juga bisa di manfaatkan sebagai toner alami untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk menggunakannya adalah. Pertama, siapkan terlebih dahulu bua apel yang berukuran kecil, kemudian potong sampai menjadi beberapa bagian, tidak lupa untuk membuang biji apel tersebut. Setelah itu, rebus denga air sebanyak 1 gelas kecil sampai mendidih, setelah dingin saring air tersebut menggunakan kain bersih dan ambil sari yang di hasilakan tersebut. Langkah selanjutnya yaitu, oleskan sari apel yang telah di rebus ini pada kulit wajah menggunakan kapas hingga rata dan biarkan sampai kering. Telakhir, bilas wajah dengan air dingin sampai bersih.

29. Membersihkan Mulut dan Mengatasi Bau Mulut
Manfaat buah apel ini tentunya tidak saja bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah, namun juga bermanfaat sebagai pembersih mulut yang bertujuan untuk membunuh bakteri dari mulut secara alami serta dapat menghilangkan bau tak sedap pada mulut. Untuk itu, sangat di anjurkan mengkonsumsi buah apel ini setelah makan-makanan yang berat.

Banyak sekali bukan manfaat dari buah apel ini? Jadi jangan ragu lagi untuk menjadikan buah apel sebagai buah konsumsi sehari-hari. Nah, sampai disini dulu pembahasan mengenai manfaat bauh apel, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa share ke teman-teman ya, karena berbagi itu indah, terima kasih.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Apel Untuk Diet, Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

loading...