Beranda · Kesehatan · Kecantikan · Tips · Islami · Gaya Hidup

Luar Biasa! Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib kamu Tahu

Manfaat Buah Manggis  - Buah manggis memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan, seluruh bagian buah manggis mulai dari buah hingga kulit luarnya juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan. kandungan nutrisi dalam buah manggis memiliki berjuta manfaat bagi tubuh manusia.

Buah Manggis


Kandungan Nutrisi Buah Manggis :


  • Berat buah yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
  • Bagian buah yang dapat di konsumsi ( Food Edible) = 29 %
  • Zat Besi Buah Manggis = 1 mg
  • Vitamin A Buah Manggis = 0 IU
  • Protein Buah Manggis = 0,6 gr
  • Vitamin B1 Buah Manggis = 0,03 mg
  • Vitamin C Buah Manggis = 2 mg
  • Lemak Buah Manggis = 0,6 gr
  • Fosfor Buah Manggis = 12 mg
  • Energi Buah Manggis = 63 kkal
  • Karbohidrat Buah Manggis = 15,6 gr
  • Kalsium Buah Manggis = 8 mg
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Potasium
  • Vitamin B Kompleks ( tiamin, niacin, dan asam folat )


Manfaat manggis untuk kesehatan

Berikut adalah manfaat buah manggis untuk kesehatan:
1. Bernutrisi Tinggi

Buah manggis walau rendah kalori tapi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan beragam. Dalam satu cangkir atau 196 gram buah manggis mengandung 35 gram karbohidrat, 3,5 gram serat dan vitamin C yang mencukupi 9% dari kebutuhan harian.

2. Mengurangi Pertumbuhan Kanker

Buah manggis mengandung senyawa anti kanker yang disebut xanthone. Beberapa uji coba laboratorium menemukan bahwa xanthone bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di payudara, perut dan jaringan paru-paru.

Selain itu, ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis atau bisa menghancurkan sel kanker. Jadi, setelah makan buah manggis jangan langsung dibuang kulitnya.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah manggis kaya akan kandungan serat, vitamin C, mineral dan xanthone yang bisa meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Selain itu kandungan senyawa dalam buah manggis juga dapat menangkis bakteri jahat dan mendorong daya tahan tubuh. Manggis juga sangat baik dikonsumsi bumil (ibu hamil) agar tak mudah sakit.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah berwarna ungu ini memiliki sifat anti bakteri dan anti radang yang sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Caranya dengan mencampur daun dan kulit buah manggis dengan ramuan obat lain, kemudian dioleskan pada luka.

5. Mengobati Diare

Kulit dan daging buah manggis dapat menyelesaikan gangguan pencernaan seperti diare dan disentri dengan efektif.


6. Mengontrol Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa kandungan xanthone dalam buah manggis dapat membantu mengontrol gula darah. Hal ini menjadikan buah manggis sebagai salah satu obat alami untuk penyakit diabetes.

7. Memiliki Sifat Antioksidan

Kandungan senyawa xanthone yang ada di buah manggis juga memiliki sifat antioksidan. Antioksidan sendiri penting untuk menangkal radikal bebas yang terkait dengan beberapa penyakit kronis.

8. Membuat Wajah Awet Muda

Antioksidan dalam buah manggis tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Karena zat ini bisa dengan cepat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru, sehingga kalian bisa terus terlihat awet muda.

9. Merawat Kulit

Xanthone yang ada dalam buah manggis sudah diketahui memiliki sifat anti kanker, termasuk kanker kulit. Selain itu, buah manggis juga memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur dan anti alergi yang berguna untuk mengurangi risiko peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri.

10. Menurunkan Berat Badan

Buah manggis merupakan buah yang baik dikonsumsi jika kalian sedang dalam program diet. Sebuah studi menunjukkan bahwa sekelompok orang yang meminum jus manggis sebagai suplemen memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

11. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah manggis mengandung 3,5 gram serat atau setara dengan 14% dari kebutuhan harian yang disarankan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah manggis tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mendorong buang air besar yang reguler pada bumil (ibu hamil) atau pun orang dewasa.

Manfaat manggis untuk kecantikan


Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah manggis juga memiliki khasiat yang beragam untuk kecantikan. Mau tahu apa saja? Berikut ini adalah manfaat buah manggis untuk kecantikan.

1. Mengobati jerawat

Manggis memiliki sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba yang sangat efektif dalam mengobati banyak masalah kulit seperti jerawat, noda gelap di kulit wajah, kulit berminyak, dan kulit kering. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah manggis juga efektif untuk menjadikan kulit lebih segar dan sehat.

2. Memperbaiki sel

Senyawa xanthone yang hadir dalam kulit buah manggis ternyata paling tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Xanthone ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel tubuh yang rusak serta melindunginya dari kerusakan.

3. Menjadikan kulit awet muda

Penuaan bisa terjadi karena proses oksidasi yang diakibatkan oleh radikal bebas. Untuk itu dibutuhkan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas tadi. Manggis ternyata mengandung antioksidan seperti catechin (antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau) yang tinggi. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, kulit akan jadi lebih awet muda. Jus yang terbuat dari kulit manggis juga dapat membuat kulit Anda terasa lebih kencang.

Luar Biasa! Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib kamu Tahu. Demikianlah uraian seputar manfaat daun salam yang sebaiknya anda ketahui, semoga bermanfaat untuk anda semua.

0 Response to "Luar Biasa! Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib kamu Tahu"

Posting Komentar

loading...