Mitos dan Fakta Minuman untuk Buka Puasa

Loading...
Mitos dan Fakta Minuman untuk Buka Puasa - Benarkah minum kopi saat berbuka puasa bisa menyegarkan tubuh? Simak Mitos dan Fakta minuman untuk Buka Puasa berikut ini!

Mitos dan fakta minuman untuk buka puasa

1. Minum kopi
Mitos: Minum kopi dan teh saat berbuka puasa bisa menyegarkan dan menghangatkan tubuh

Fakta: Kopi dan teh mengandung kafein yang akan memicu gejala maag setelah seharian berpuasa. Jika minum kopi saat buka puasa, kandungan kafein dalam kopi menyebabkan jantung berdebar.

Related image
Kopi

2. Kebutuhan cairan
Mitos: Ketika tidak berpuasa, tubuh membutuhkan lebih sedikit cairan

Fakta: Pengeluaran cairan tubuh saat puasa sama dengan saat kita tidak puasa, namun mencukupi kebutuhan cairan alam kondisi apapun tetap diperlukan untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan.

3. Minuman manis
Mitos: Meneguk minuman manis saat berbuka puasa baik untuk menyegarkan tubuh.

Fakta: Minuman manis adalah cairan berbentuk karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan gula darah, yang akan meningkatan risiko obesitas.

Lalu makanan dan minuman seperti apa yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa?

Makanan sehat buka puasa

Untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa sepanjang hari, makanan dan minuman manis memang dianjurkan saat berbuka puasa, tapi jangan asal manis. Menu berbuka puasa yang biasa kita jumpai seperti kolak, es cendol, es teh manis, dan es sirup, sebenarnya keliru.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa, di antaranya:

  • Kurma
  • Jus buah
  • Buah utuh.
  • Jus sayuran
  • Kaldu sayuran
  • Yoghurt
  • Sayuran mentah
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan matang
  • Telur
  • Susu
  • Daging


Takjil buka puasa

Menurut pakar kesehatan, memilih takjil harus yang sehat seperti jus atau sari buah alami. Sari buah mengandung sedikit serat, ini bisa diserap dengan cepat dan tubuh akan kembali berenergi. Selain sari buah, Anda bisa mengonsumsi buah kurma segar. Pilihlah kurma yang berkulit keras karena kadar seratnya masih tinggi.

Pilihan takjil lainnya seperti sop buah dengan pemanis madu, salad buah segar, dan agar-agar, ini akan menyegarkan sebelum menjalankan salat maghrib dan salat tarawih.

Makan berat buka puasa

Lauk sehat untuk berbuka puasa terdiri dari nutrisi yang cukup untuk berpuasa, seperti ayam panggang atau rebus, ikan bakar, tumis sayur, aneka sup, karedok atau pecel, daging bakar, dan nasi merah atau kentang. Menu makanan ini bisa menjadi pilihan, karena menu ini aman untuk pelaku diet yang sedang berpuasa.

Jajanan sehat buka puasa

Berbuka puasa dengan makanan yang sehat baik untuk menjalani ibadah. Selama bulan Ramadan, tubuh harus dijaga agar tetap sehat selama puasa. Caranya dengan menghindari makanan yang digoreng. Pilihlah makanan jajanan berbuka puasa dengan jajanan tradisional yang menyehatkan seperti klepon, serabi, bika ambon, kue lumpur, apem kukus, kicak, dan kue pisang atau nagasari.


Nah itu tadi informasi Mitos dan Fakta Minuman untuk Buka Puasa, semoga bermanfaat selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Jangan lupa bagikan ke sahabatmu agar mereka tau, karena berbagi itu indah.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mitos dan Fakta Minuman untuk Buka Puasa"

Posting Komentar

loading...