Manfaat Lengkuas Ampuh untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Loading...
Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan - Tahukah Anda bahwa manfaat lengkuas sangat banyak? Lengkuas atau laos adalah tamanan obat yang mudah dijumpai di Indonesia. Selain digunakan sebagai bumbu masak, lengkuas juga bermanfaat untuk kesehatan dan juga perawatan kecantikan. Dalam kajian ilmiah, lengkuas dikenal dengan nama latin Alpinna Galanga. Jika didasarkan pada ciri fisiknya, lengkuas hampir serupa dengan jahe dan juga kunyit. Meski demikian, kita bisa dengan mudah membedakannya dengan cara menghirup baunya. Lengkuas ini tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia. Karena itu jangan heran jika ibu-ibu suka menanamnya di pekarangan rumah. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, ternyata manfaat lengkuas untuk kesehatan manusia juga cukup beragam.

Bagian tanaman lengkuas yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Pada akar rimpang ini, tersembunyi sejumlah senyawa penting antara lain minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. Senyawa lainnya adalah kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi lainnya. Kompleksnya senyawa yang tersimpan di dalam rimpang lengkuas ini menjadikan ia sebagai salah satu obat herbal yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Lengkuas


Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan


Adapun khasiat dan manfaat lengkuas bagi kesehatan antara lain:

1. Mencegah dan mengobati tumor

Senyawa transkoniferil disasetat di dalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor.

2.  Sebagai Anti-inflamasi

Lengkuas bersifat anti-inflamasi, dengan demikian ia ampuh meredakan radang. Manfaat lengkuas ini terkait kandungan galangin, dan karioferidanya.

3. Lengkuas ampuh mengobati penyakit rheumatoid arthritis

Salah satu jenis bumbu dapur ini juga di yakini dapat mengatasi keluhan nyeri sendi. Anda bisa mengolah bahan yang satu ini dengan cara sediakan potongan jari rimpang lengkuas yang segar cuci lalu anda parut.

Parutan lengkuas tadi peras airnya dengan kain, lalu airnya anda bisa gunakan seperti minyak gosok pada bagian tubuh yang sakit.

4. Mengobati sakit perut

Salah memilih makanan bisa menyebabkan sakit perut. Sebagai contoh adalah junk food yang biasa dijual di pinggiran jalan, makanan-makanan tersebut lebih baik Anda hindari karena bisa saja si penjual tidak memikirkan kondisi kebersihan makanan dan lingkungannya.

Berhubungan dengan sakit perut, lengkuas dapat meringankan rasa sakit pada perut akibat peradangan atau penyakit lain. Ketika konsumsi makanan yang dibumbui dengan lengkuas secara tidak sadar akan membuat Anda jadi lebih tenang.

5. Mencegah mabuk perjalanan

Apabila Anda tidak kuat dengan AC mobil atau mungkin Anda memang tidak bisa dibawa pergi jauh baik itu dengan kendaraan darat, laut maupun udara karena mudah mual, bawalah makanan yang bumbu masaknya terdapat lengkuas sebab lengkuas bisa mengatasi mabuk perjalanan akibat mual.

6. Mengeluarkan racun

Di dalam tubuh terdapat racun yang cukup berisiko memicu gangguan kesehatan serius. Untuk mengeluarkan racun tersebut butuh bantuan dari makanan yang menyehatkan. Disini nutrisi yang tertanam pada lengkuas akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan racun dan kehadiran antioksidan dari lengkuas juga mampu mencegah terjadinya radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Dengan menggunakan lengkuas di dalam masakan Anda, secara tidak langsung Anda telah mengkonsumsi obat alami untuk melancarkan peredaran darah serta menangkal radikal bebas dari dalam.

7. Menghilangkan bekas luka bakar

Buatlah jus dari lengkuas, tetapi jangan terlalu banyak airnya. Karena krim dari hasil blender lengkuas ini bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit yang terbakar. Caranya dengan mengoleskan jus lengkuas, kemudian digosok-gosok menggunakan lengkuas utuh yang sudah dibersihkan pada bekas luka. Pengobatan ini dapat Anda rutinkan hingga bekas luka memudar.

Dalam kurun waktu 6 sampai 12 minggu akan terlihat perbedaan di bagian kulit Anda yang terkena luka bakar. Oiya, lengkuas yang akan dijus pastikan masih segar dan warnanya tidak terlalu gelap.
Membuat Kulit Bersinar

8. Obat diare

Manfaat lengkuas lainnya adalah meredakan diare. Cukup dengan beberapa kunyahan lengkuas, diare akan hilang dalam beberapa waktu.

9. Penambah nafsu makan

Jika Anda cermat, terkadang dalam produk penambah nafsu makan selalu dicantumkan lengkuas atau Alpinna Galanga sebagai salah satu bahan baku. Memang, salah satu manfaat lengkuas adalah untuk membantu merangsang nafsu makan. Jadi jika anak atau anggota keluarga Anda lainnya mengalami kondisi kurang nafsu makan, tak ada salahnya meracik lengkuas menjadi minuman hangat untuk mereka.



Manfaat Lengkuas untuk Kecantikan

Adapun khasiat dan manfaat lengkuas bagi kecantikan antara lain:

10. Meremajakan kulit

Selain bagus untuk pengobatan, ternyata dalam hal perawatan tubuh lengkuas juga ikut membantu mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Keajaiban ini dapat terjadi karena tak lepas dari kandungan antioksidannya yang terdiri dari 40 antioksidan, dimana masing-masing antioksidan saling melengkapi.

11. Obat jerawat

Jerawat membandel ataupun bekasnya bisa dihilangkan dengan lengkuas, tetapi reaksi positifnya memang agak memakan waktu. Anda bisa membuat jus dari lengkuas seperti tadi, lalu jadikan krim untuk wajah Anda. Jerawat akan hilang secara berangsur karena bakteri penyebabnya akan terangkat oleh krim dari lengkuas.


Cara Membuat Ramuan Tanaman Lengkuas


Setelah mengetahui berbagai khasiat lengkuas, sekarang kami akan sajikan informasi mengenai pengolahan ramuan dengan memanfaatkan lengkuas. Anda dapat memanfaatkan lengkuas mulai dari rimpang dan dagingnya, baik dimanfaatkan secara individu ataupun di kombinasikan dengan bahan alami lainnya. Berikut ini cara untuk membuat ramuan lengkuas yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, sebagai berikut :

Cara pertama

Bahan-bahan :

  • 1 buah, rimpang lengkuas (ukuran sedang)
  • 3 siung, bawang putih
  • 1 buah, mengkudu
  • ½ sendok teh, merica
  • 1 sampai 3 biji, kedaung
  • Secukupnya, garam, gula merah dan asam jawa
  • 600 ml, air putih ( 3 gelas )


Cara membuat :

  • Cuci bersih semua bahan pada air yang mengalir.
  • Selanjutnya haluskan lengkuas dan mengkudu sampa halus dan lembut.
  • Kemudian tambahkan asam jawa lalu rebus dengan air sampai mendidih.
  • Masukan garam dan gula merah sambil diaduk rata.
  • Berikutnya sangai merica, bawang putih dan biji kedaung sampai setengah gosong, lalu haluskan.
  • Masukan bahan yang sudah telah dihaluskan kedalam air godokan lengkuas. Aduk terus sampai mendidih dan menjadi 1 1/2 gelas air.
  • peras dan saring airnya.
  • minum air ramuan tersebut secara teratur sehari 2 kali ( pagi dan malam ).


Cara kedua

Bahan-bahan :

  • 1 buah, rimpang lengkuas
  • 3 buah, mengkudu mentah
  • 1 biji, rimpang kencur
  • 1 siung, bawang putih
  • 3 mata, asam jawa
  • 1 sendok teh, ketumbar
  • 2 gelas, air putih
  • Secukupnya, gula merah

Cara membuat

  • Bersihkan semua bahan pada air yang mengalir.
  • Masukan dalam wadah atau panci, lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas (400 ml).
  • Tambahkan gula merah secukpnya, aduk sampai tercampur rata dan mendidih menjadi 1 gelas air.
  • Saring dan peras airnya, lalu minum secara teratur sehari dua kali sebanyak ½ gelas dipagi dan sore.


Lengkap sudah pembahasan kita kali ini, selain mengetahui manfaatnya, Anda juga dapat meracik ramuan tradisonal sendiri. Mungkin itu saja informasi mengenai Manfaat Lengkuas Ampuh untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan, semoga informasi tadi bermanfaat untuk Anda, namun perlu diingat jika terjadi keluhan lain sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Lengkuas Ampuh untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan"

Posting Komentar

loading...