Suka Jalan Pagi? Ini Dia Manfaat Jalan Kaki Di Pagi Hari

Loading...
Manfaat Jalan Kaki Di Pagi Hari - Banyak sekali manfaat jalan kaki yang akan didapat terutama jika kita melakukannya secara rutin pada pagi hari. Sembari menikmati udara yang sejuk dan suasana yang damai kita bisa menikmati waktu bercengkrama bersama sesama pejalan kaki lainnya. Namun demikian, masih banyak saja dari kita yang enggan menjalankan aktifitas olahraga ini dengan berbagai alasan seperti masih dingin atau mengantuk.

Padahal jika kita pikirkan dengan matang, banyak sekali manfaat jalan kaki bagi kesehatan jasmani maupun rohani. Bahkan dalam sebuah penelitian terpercaya pun dinyatakan bahwa mereka yang mau melakukan olahraga jalan kaki selama 20-25 mil setiap minggu,  berpotensi untuk memiliki umur yang lebih panjang daripada mereka yang tidak. Meskipun benar memang umur ada ditangan Tuhan, namun sudah menjadi tanggung jawab kita untuk senantiasa merawat dan menjaga kesehatan agar diberi umur yang panjang.

Kira-kira apa saja yang didapat dari jalan kaki, berikut kami berikan informasi mengenai Manfaat Jalan Kaki Di Pagi Hari agar anda semakin tergugah untuk berolahraga setiap pagi.


Manfaat Jalan Kaki Pagi untuk Kesehatan 

1. Mencegah resiko osteoporosis

Untuk memiliki tulang yang sehat tidak hanya cukup memenuhi kebutuhan vitamin D dan juga kalsium saja. Kita juga memerlukan adanya aktifitas gerakan badan seperti berjalan kaki sekitar 1000 langkah setiap harinya. Selain itu kita juga memerlukan vitamin dari sinar matahari minimal 15 menit dalam sehari. Nah, jika kita rutin melakukan olahraga ini setiap pagi, maka tulang kita akan senantiasa terjaga kesehatannya dan aman dari resiko osteoporosis.

2. Menjadikan otot lebih kuat dan kencang

Manfaat jalan kaki berikutnya adalah menjadikan otot kaki, bokong dan juga paha semakin kuat. Bahkan daya tahan otot dalam tubuh pun akan semakin meningkat karena badan selalu aktif bergerak.

3. Efektif menurunkan berat badan

Tubuh yang gemuk menjadikan kita merasa tidak percaya diri. Selain membuat penampilan menjadi tidak menarik, badan yang gemuk juga berpotensi menjadikan tubuh kita terserang berbagai macam penyakit kronis. Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebih, maka olahraga yang satu ini wajib untuk anda coba setiap paginya. Dengan rutin melangkahkan kaki sembari menikmati suasana pagi maka kalori dalam tubuh anda akan mudah terbakar.

4. Sirkulasi darah menjadi lancar

Olahraga sederhana yang satu ini juga bermanfaat untuk menjadikan detak jantung kita semakin cepat sehingga darah dapat terpompa dengan baik ke seluruh tubuh. Dengan demikian sirkulasi darah dalam tubuh kita akan selalu terjaga.

5. Membantu mengontrol kadar gula darah

Sebuah penelitian yang berasal dari American Medical Association menyatakan bahwa mereka yang mau melakukan olahraga pada pagi hari diyakini mampu mengontrol gula darah dalam tubuh dengan baik. Ini pun juga berlaku bagi olahraga jalan kaki.

6. Menyehatkan organ paru-paru

Melakukan olahraga ini dengan tempo yang cepat akan menjadikan organ paru-paru kita menjadi lebih sehat. Ini dikarenakan pada pagi hari udaranya masih bersih dan tidak terkontaminasi oleh asap maupun polusi lainnya.

7. Mencegah hipertensi

Manfaat dari jalan kaki selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, olahraga ini juga efektif untuk mengurangi kelengketan pada sel darah yang dapat mengakibatkan pembekuan darah.

8. Menurunkan kolesterol dalam tubuh

Saat kita melakukan olahraga ini maka tubuh akan terpacu untuk selalu bergerak. Dengan demikian kolesterol baik yang ada di dalam tubuh akan bekerja layaknya spons yang dapat menyerap kolesterol jahat.

9. Menjaga kebugaran tubuh

Manfaat dari olahraga berjalan kaki sebanyak 3 kali per minggu akan menjadikan kebugaran tubuh kita terjaga. Dengan tubuh yang selalu bugar maka kita dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan lebih mudah.

10. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Saat kalori terbakar dengan baik karena berjalan kaki, maka metabolisme dalam tubuh akan meningkat, bahkan saat kita sedang diam sekalipun.

11 Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari bagi Tubuh Lainnya :

  • Efektif membakar lemak
  • Mencegah timbulnya jerawat
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Membantu otak untuk melepaskan endorfin
  • Sebagai meditasi
  • Mencegah resiko diabetes
  • Mencegah resiko stroke
  • Meningkatkan sistem imun
  • Mencegah kepikunan
  • Menjadikan tidur lebih nyenyak
  • Menyehatkan organ jantung


Demikian ulasan mengenai Manfaat Jalan Kaki Di Pagi Hari, ternyata manfaatnya bagi tubuh sangat beranekaragam. John Fruin menyatakan bahwa berjalan kaki merupakan sebuah alat untuk berinteraksi dalam semua aktifitas baik komersil maupun kultural. Namun selain bermanfaat sebagai alat untuk berinteraksi sosial, berjalan kaki juga menjadi salah satu alat untuk membuat tubuh kita menjadi lebih sehat terutama jika dilakukan pada pagi hari. Jadi, masihkah kita ragu untuk membudayakan jalan kaki di pagi hari?
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suka Jalan Pagi? Ini Dia Manfaat Jalan Kaki Di Pagi Hari"

Posting Komentar

loading...